Belajar Pemrograman Prosedural, dan Pemrograman Berorientasi Objek Beserta Perbedaan Pemrograman Prosedural dan Pemrograman Berorientasi Objek atau OOP (Object-Oriented Programming)
Pemrograman Prosedural
Hai teman-teman pada kesempatan hari ini saya akan menjelaskan definisi beberapa pengertian dasar yang penting sehubungan dengan algoritma dan pemrograman,Mungkin pengertian tersebut terasa asing bagi pembaca karna belum tahu ,tapi coba kita pahami dulu.
Apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman prosedural?
Pemrograman Prosedural adalah dilakukan dengan memberikan serangkaian perintah yang berurutan.Program dalam paradigma ini berdasarkan pada struktur informasi di dalam memori dan manipulasi dari informasi yang disimpan tersebut.
Pada pemrograman prosedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri atas runtutan instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh pemroses/program. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan kondisional. Data yang disimpan di dalam memori dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun atau prosedural.
prosedur adalah serangkaian aksi yang spesifik, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dieksekusi dengan cara yang baku/sama agar selalu memperoleh hasil yang sama dari keadaan yang sama, semisal prosedur Masuk Kuliah, Prosedur berangkat kuliah, dan sebagainya.
Lebih tepatnya, kata ini bisa rangkaian aktivitas, tugas-tugas, langkah-langkah, keputusan-keputusan, perhitungan-perhitungan dan proses-proses, yang dijalankan melalui serangkaian pekerjaan yang menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan, suatu produk atau sebuah akibat. Sebuah prosedur biasanya mengakibatkan sebuah perubahan.
Prosedur dapat diartikan juga :
Intruksi/serangkaian perintah yang metunjukkan bagaimana menyiapkan atau membuat sesuatu.
Pengertian Algoritma Pemrograman
Bahasa pemrograman semakin banyak dipelajari oleh banyak orang. Hal ini terkait dengan kemajuan zaman yang menjadikan teknologi sebagai hal penting untuk menunjang kemajuan. Untuk mengerti apa itu algoritma pemrograman, silahkan simak pembahasan di bawah ini:
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
Dalam pemrograman, hal yang penting untuk dipahami adalah logika kita dalam berpikir bagaimana cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Sebagai contoh, banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah.
Walaupun algoritma bisa dibilang jantung ilmu komputer atau informatika, tetapi jangan beranggapan bahwa algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Misal cara memasak nasi goreng, cara membuat geprek, dan lainnya.
Jika kita buat algoritma memasak nasi goreng akan seperti di bawah ini:
- Siapkan penggorengan dengan api sedang, tuang margarin atau minyak goreng.
- Masukkan bawang putih dan daun bawang yang sudah dicincang halus, tumis hingga harum.
- Masukkan ayam suwir dan sosis, tumis sebentar.
- Tuang telur, tumis bersama dengan bumbu.
- Masukkan nasi, aduk hingga tercampur rata.
- Tuang kecap manis, saus tomat, saus sambal, saus tiram, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk.
- Aduk hingga warna nasi berubah secara merata.
Nasi goreng biasa yang mudah, sederhana, dan enak siap disajikan.
Penyajian algoritma secara garis besar dapat dibagi dalam dua bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga tepat digunakan dalam menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer.
Sedangkan untuk algoritma yang disajikan dengan gambar adalah dengan flowchart. Flowcart adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau merupakan prosedur sistem secara logika. Flowcart digunakan untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
Pemrograman Berorientasi Objek atau OOP (Object-Oriented Programming)
Sebuah sistem yang dibangun berdasarkan metoda berorientasi objek adalah sebuah sistem yang komponennya di-enkapsulasi menjadi kelompok data dan fungsi, yang dapat mewarisi atribut dan sifat dari komponen lainnya, dan komponen-komponen tersebut saling berinteraksi satu sama lain.
Pemrograman berorientasi objek adalah metode pemrograman berdasarkan hirarki kelas, dimana kelas-kelas tersebut didefinisikan dengan baik dan bisa saling bekerja sama untuk memecahkan masalah.
CLASS (KELAS)
Merupakan definisi statik (kerangka dasar) dari objek yang akan diciptakan, berupa struktur yang mendefinisikan data (property) dan method dari objek. Bisa disebut cetak biru dari objek atau bisa disebut gambaran umum dari benda.?
Contoh penamaan kelas: Mobil, Laptop, Anggota, Buku, dll
PROPERTY
Merupakan data atau state yang dimiliki oleh class. Contoh pada class Mobil, memiliki property:
- Warna
- Model
- Produsen
Contoh lain, class Anggota, memiliki property: nomor anggota, nama, alamat, telp, daftar buku yang dipinjam.
METHOD
Merupakan behavior (perilaku) sebuah class. Bisa dikatakan sebagai aksi atau tindakan yang bisa dilakukan oleh suatu class. Contoh pada class Mobil, memiliki method:
- Start, method untuk menjalankan mobil
- Stop, method untuk menghentikan laju mobil
- Change Gear, method untuk ganti gigi persneling
- Turn, method untuk belok kanan atau kiri
OBJECT
Merupakan abstraksi dari sesuatu yang mewakili sesuatu pada dunia nyata. Pada bahasa pemrograman, object adalah komponen yang diciptakan dari class (instance of class). Object merupakan entitas pada saat RUN TIME. Object memiliki siklus creation, manipulation, dan destruction. Satu class bisa menghasil banyak object.
Perbedaan Pemrograman Prosedural dan Pemrograman Berorientasi Objek atau OOP (Object-Oriented Programming)
Berikut Perbedaan Pemrograman Prosedural dan Pemrograman Berorientasi Objek atau OOP (Object Oriented Programming) yaitu :
Terimakasih telah membaca dan mau belajar semoga hari depan dapat belajar lebih lagi mengenai konsep-konsep baru yang ada diatas.
Selamat Beraktifitas Sobatt.......
wes sangar sangar
ReplyDeleteSiip weng
ReplyDelete